Lala Tidak Bermain Game di Gadget, Orang Tua: Tidak Diajarkan Juga Halaman all

JAKARTA, KOMPAS.com – Orang tua Shabira Alula Adnan atau Lala, yaitu Fahmi dan Oci tidak mengizinkan putri mereka bermain game di gadget. Sebagai informasi, Lala adalah bocah berusia tiga tahun yang pandai berbicara layaknya orang dewasa dan menggunakan bahasa Indonesia yang baku. Konten-konten Lala saat mengobrol dengan ayah atau ibunya tengah viral di TikTok. 

Fahmi dan Oci mengaku sejak awal mereka memang tidak pernah mengajarkan Lala untuk bermain di alat elektronik tersebut.

“Lala tidak bermain game, tidak diajarkan juga,” ucap Oci dikutip Kompas.com dari YouTube TS Media, Sabtu (26/2/2022).

Hal ini juga pernah disinggung oleh Oci dan Fahmi saat hadir di podcast Denny Sumargo beberapa waktu lalu. Mereka ingin Lala bermain dengan media yang nyata.

“Orang tua sekarang kan lebih cenderung ke handphone, dikit-dikit kasih aja lah anak handphone biar anak anteng. Kalau saya enggak bisa, bagaimana pun maianannya dia tuh mainan dunia nyata,” ucap Fahmi dikutip dari YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo.

Baca juga: Viral di TikTok, Ini 5 Tingkah Lala yang Menghibur Netizen

Oci pun menambahkan, mainan Lala biasanya menjadi media edukasi untuk anak seperti puzzle dan balok yang memiliki bentuk.

Soal gadget, Oci dan Fahmi menjelaskan bahwa kesempatan Lala menggunakan alat elektronik itu adalah saat makan di restoran untuk menonton video di YouTube

 

Tujuannya agar Lala lebih fokus dan tenang ketika berada di ruang publik.

“Misalnya kita keluar, makan keluar, karena kan anak-anak kan memang aktif ya, Kak, jadi supaya dia anteng, supaya dia diam, baru dikasih YouTube,” ucap Oci.

Adapun ketika di rumah, Lala hanya bisa menonton video YouTube lewat televisi.

Sengaja orangtua melakukan hal demikian karena menonton video di YouTube lewat gadget akan membuat anak lebih penasaran.

Baca juga: Viral di TikTok, 5 Alasan Konten Siaran Live Tante Lala Selalu Ditunggu

“Jadi kalau nonton YouTube itu dia nontonnya di TV, supaya dia enggak mencet-mencet. Kalau diajak nonton YouTube paling cuma 10 menit 15 menit,” ucap Fahmi.

Kata Oci, ketika Lala diberi ponsel bocah itu akan memanfaatkan fitur kamera alih-alih game atau fitur lain di dalamnya. Hal itu terjadi karena Lala terbiasa melihat ponsel sebagai media untuk merekam.

“Kalau pun dia dikasih handphone, dia akan larinya ke kamera karena memang kan kehidupan dia direkam,” kata Oci.

Baca juga: Kisah Lala Bocah Viral yang Pintar Bicara dengan Bahasa Baku di Usia 3 Tahun

“Dia tahunya handphone itu ya untuk ngerekam,” sambungnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

https://www.kompas.com/hype/read/2022/02/26/134106866/lala-tidak-bermain-game-di-gadget-orang-tua-tidak-diajarkan-juga?page=all

Erlando F Rasatro

Next Post

Five Online Entrepreneurship Ideas For 2022

Tue Mar 1 , 2022
By Amine Rahal, entrepreneur; writer; CEO of IronMonk, a digital marketing agency specializing in SEO; and CMO at Regal Assets, an IRA company.  getty The economic crisis that came about due to the Covid-19 pandemic hurt a lot of businesses across all fields. However, there is one sector of the […]